Contoh syair Nasihat terbaru - Info Kita

Terbaru

Contoh syair Nasihat terbaru

Post a Comment
Advertisements
Infokita.us - Selamat siang sobat, kali ini kita akan kembali membahas mengenai syair. Namun kali ini kita akan lebih detail membahas mengenai syair nasihat dan juga contoh syair nasihat. Sobat pasti sudah pernah mendengar mengenai syair nasihat pada pelajaran Bahasa Indonesia. Sobat paham apa pengertian dari syair nasihat. Syair nasihat merupakan salah satu jenis dari syair agama, syair nasihat sendiri berisi mengenai nasihat-nasihat penting yang dimaksudkan untuk memberikan pendidikan melalui syair.

Syair nasihat ini hampir sama dengan pantun nasihat, hanya saja dalam pantun terdapat kalimat sampiran yang berisi kata-kata sampiran sebelum kalimat isi nasihat. Persamaan pantun nasihat dan syair nasihat sama-sama memiliki suku kata terakhir yang sama, perbadaanya hanya terletak pada kata sampiranya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat pada contoh syair nasihat terbaru. Pada contoh syair nasihat dibawah ini merupakan contoh syair nasihat seorang ibu kepada anaknya yang sangat disayanginya.

Baca Juga : Pengertian syair dan jenis-jenisnya

Wahai ananda peliharalah diri
Diatas yang hak engkau berdiri
Kerja menyalah engkau jauhi
Supaya hidupmu tiada terkeji

Wahai ananda intan dikarang
Ikhlaskan hati memaafkan orang
Dendam kesumat hendaklah buang
Hati pemurah hidupmu lapang

Wahai ananda kekasih ibu
Mengaku salah janganlah malu
Memaafkan orang jangan menunggu
Hati pemurah menjauhkan seteru

Wahai ananda mustika bunda
Jujur dan adil hendaklah dibela
Peliharalah dengan segenap daya
Supaya hidupmu beroleh pahala

Wahai ananda intan permata
Berterus terang dalam berkata
Jauhkan sifat sombong dan dusta
Supaya hidupmu tiada nista

Demikian contoh syair nasihat terbaru yang singkat ini yang ada di url http://www.infokita.us/2014/10/contoh-syair-nasihat-terbaru.html. Semoga sobat bisa merasakan manfaatnya dan contoh diatas bisa menjadi inspirasi untuk sobat membuat syair nasihat baik itu untuk tugas sekolah maupun hanya sekedar untuk hiburan. Jika sobat ingin mengetahui apa pengertian syair secara lengkap beserta jenis dan contohnya, sobat bisa baca artikel di infokita.us pada artikel pengertian syair dan jenis-jenisnya.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter