Pengertian syair dan jenis-jenis syair - Info Kita

Terbaru

Pengertian syair dan jenis-jenis syair

Post a Comment
Advertisements
Infokita.us - Selamat pagi sobat, bagaimana kabar awal minggu ini, sudah siap untuk beraktivitas kembali. Dipagi yang cerah ini dan sedikit mengantuk, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian syair dan jenis-jenisnya. Syair merupakan salah satu jenis puisi lama dan merupakan suatu karya seni yang bernilai sangat tinggi. Pengertian syair sendiri adalah bentuk puisi lama yang mempunyai suku kata akhir yang sama, memiliki empat baris kalimat dalam satu baitnya. Syair biasanya ditujukan untuk pemahaman tentang kehidupan, agama/religi maupun sebagai hiburan.

Pengertian syair dan jenis-jenis syair
Pengertian syair dan jenis-jenis syair
Sejarah Syair
Syair berasal dari Persia yang sekarang berganti nama menjadi Iran. Dahulu Syair dibawa masuk ke Indonesia bersamaan dengan datangnya agama Islam. Kata syair berasal dari bahasa Arab "syu'ur" yang memiliki arti "perasaan". Kata "syu'ur" kemudian berkembang menjadi kata "syi'ru" yang memiliki arti "puisi" dalam pengertian umum. Syair dalam kesastraan Melayu memiliki pengertian puisi secara umum. Akan tetapi, dari waktu ke waktu, syair tersebut tidak lagi mengikuti tradisi sastra syair di Arab dan mengalami perubahan menjadi khas Melayu. Salah satu Penyair yang berperan penting dalam membentuk syair khas Melayu adalah Hamzah Fansuri, beliau memiliki beberapa karya yang terkenal diantaranya Syair Perahu, Syair Burung Pingaia , Syair Dagang, dan Syair Sidang Fakir. Syair itu sediri dibagi menjadi lima golongan menurut isinya, yaitu :

1. Syair Panji
Syair panji merupakan syair yang menceritakan tentang keadaan yang terjadi di dalam istana dan keadaan orang-orang yang berada atau berasal dari dalam istana.
Contoh : Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.

2. Syair Romantis
Syair romantis merupakan syair berisi tentang percintaan, syair ini biasanya ada pada cerita pelipur lara, hikayat, maupun cerita rakyat.
Contoh : Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya. Setelah beberapa lama ia dicari Putra Bangsawan (saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya. Pertemuan pun terjadi dan akhirnya Bidasari memaafkan ibunya, yang telah membuang dirinya.

3. Syair Kiasan
Syair kiasan merupakan salah satu syair yang berisi tentang percintaan ikan, burung, bunga atau buah-buahan. Percintaan tersebut merupakan kiasan atau sindiran terhadap suatu peristiwa tertentu.
Contoh : Syair Burung Pungguk yang isinya menceritakan tentang percintaan yang gagal akibat perbedaan pangkat, atau seperti perumpamaan "seperti pungguk merindukan bulan".

4. Syair Sejarah
Syair sejarah merupakan syair yang dibuat berdasarkan peristiwa sejarah. Sebagian besar syair sejarah berisi tentang peperangan.
Contoh : Syair Perang Mengkasar (dahulu bernama Syair Sipelman), berisi tentang perang antara orang-orang Makassar dengan Belanda.

5. Syair Agama
Syair agama merupakan syair yang terpenting. Syair agama dibagi menjadi empat yaitu: syair sufi, syair tentang ajaran Islam, syair riwayat cerita nabi, dan syair nasihat.
Demikianlah pengertian syair dan jenis-jenisnya. Syair merupakan salah satu karya seni yang tidak smua orang mampu mebuatnya dengan indah. Apakah sobat termasuk orang yang pandai membuat syair. Jika sobat mempunyai karya syair yang ingin ditampilkan di infokita.us, sobat bisa menghubungi kami di infokita@gmail.com.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter