Resep bolu kukus sederhana dan mekar - Info Kita

Terbaru

Resep bolu kukus sederhana dan mekar

Post a Comment
Advertisements
Infokita.us - Bila anda suka dengan jajanan di pasar, mungkin anda akan menjumpai salah satu makanan yang terkenal dari dahulu yaitu bolu kukus. Untuk membuat resep bolu kukus sederhana dan mekar tidaklah terlalu sulit asal anda sudah tahu takaran dan cara-caranya. Bolu kukus merupakan salah satu modifikasi kue bolu yang dimasak pada cetakan kecil dengan cara dikukus. Bolu kukus mempunyai aroma yang wangi dan juga memiliki tesktur yang lembut yang membuat lidah menjadi ketagihan dan disukai banyak orang.

Tapi tidak semua orang bisa menyuguhkan kue bolu kukus buatanya sendiri dengan tekstur yang lembut dan mekar.  Pada kesempatan kali ini akan kami berikan sebuah artikel menarik yang bertemakan resep bolu kukus sederhana yang mekar, enak dan lembut. Kita akan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dengan cara yang mudah agar bisa menghasilkan kue bolu dengan citarasa yang lezat serta memilki tekstur lembut yang tentunya banyak yang suka.
Resep bolu kukus sederhana
Resep bolu kukus sederhana

Resep bolu kukus sederhana

Bahan bolu kukus sederhana
  1. telur : 2 butir
  2. gula putih : 226 gram
  3. terigu : 251 gram
  4. ovalet : 1 sendok teh
  5. pewarna makanan 2 jenis ( warna bebas sesuai selera )
  6. soda 150 mili liter
Cara membuat
  1. Kocoklah telur menggunakan mixer otomatis. beberapa saat kemudian, masukan gula. tunggu sampai 30 menit. sesaat pengocokan hampir selesai, tambahkan ovalet.
  2. Sambil menunggu pengocokan yang otomatis dengan mixer, anda bisa  mempersiapkan cetakan dengan memasukan kertas bolu kedalam cetakan yang berlubang.
  3. Jika pengocokan mencapai waktu yang telah ditentukan, masukan soda. lalu kocok lagi, kira kira hingga 3 menit. 
  4. Supaya lebih bersih dan mudah diaduk, ayak tepung terigu. lalu masukan kedalam kocokan diatas. aduk dengan spatula hingga menyatu dengan semua bahan.
  5. Setelah itu, pisah adonan menjadi tiga bagian, berikan warna yang tidak sama pada setiap bagian tersebut. Untuk adonan warna putih tidak perlu menggunakan pewarna. pewarna yang dibutuhkan, masing masing hanya 1 tetes.
  6. Masukanlah adonan kedalam cetakan yang sudah disiapkan. Cara memasukanya dengan diselang seling supaya warna bolu kukus seperti pelangi.
  7. Pada saat memasukan adonan dalam cetakan, sebaiknya kompor sudah menyala. agar ketika selesai mengisi cetakan, tempat mengukus sudah benar benar panas dan beruap.
  8. Kukus kue bolu sederhana tadi selama 15 menit agar matang.
Baca Juga : Kumpulan Resep Puding Coklat yang lezat
Tips agar kue bolu kukus mekar
  1. Gunakanlah soda yang masih baru atau belum pernah dibuka.
  2. Gunakan kecepatan mixer yang paling tinggi.
  3. Pilihlah cetakan yang berlubang untuk memberi jalan agar adonan terkena uap yang lebih panas.
  4. Lapisi pengukus dengan kain bersih untuk menyerap uap, karena saat mengukus akan menimbulkan uap yang bisa menetes ke bolu sehingga bolu kukus tidak mekar maksimal.
  5. Temperatur tinggi / panas kukusan juga berpengaruh, semakin banyak uap atau semakin panas, ini membuat kue anda lebih bagus
  6. Jangan pernah membuka tutup pengukus, jika lama pengukusan belum mencapai waktu yang ditentukan
kopi rasa buah
Bagaimana mudah bukan, yakinlah ketika anda membuat resep bolu sederhana dan mekar ini pasti akan berhasil. Resep di atas tidaklah selalu menghasilkan hasil yang sama akan tetapi dengan niat dan kemauan, membuat kue apa saja akan terasa mudah. Selamat menikmati

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter