Menu berbuka puasa menurut Ajaran Nabi Muhammad SAW - Info Kita

Terbaru

Menu berbuka puasa menurut Ajaran Nabi Muhammad SAW

Advertisements
Infokita.us - Tahukan anda bahwa banyak sekali manfaat dari berpuasa dan manfaat dari sahur dan juga menu berbuka puasa yang dianjurkan Rasulullah. Allah telah mewajibkan berpuasa kepada orang-orang sebelum kita dari kalangan Ahlul Kitab begitu juga dengan kita diwajibkan untuk berpuasa. Allah berfirman (yang artinya): “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu puasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (QS Al Baqarah: 183). Nabi Muhammad SAW juga memberikan anjuran menu berbuka puasa yang baik untuk kesehatan kita di saat bulan Ramadhan.

Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma, kalau tidak ada kurma, boleh dengan air. Ini merupakan termasuk kesempurnaan kasih sayang dan semangatnya Nabi Muhammad ‘alaihi wa sallam untuk kebaikan umatnya dan dalam menasehati umatnya. Dalam firman nya, Allah berfirman “Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari bangsa kamu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan kebahagiaanmu), terhadap orang-orang mukmin ia amat pengasih lagi penyayang.” (QS At Taubah: 128).


Dengan memberi sesuatu yang manis (yaitu kurma) pada perut yang kosong, maka akan membuat tubuh lebih siap menerima dan mendapatkan manfaatnya. Tubuh yang sehat, akan bertambah kuat dengannya. Dan bahwasanya puasa itu membuat tubuh terasa kering, maka air akan membasahinya, hingga sempurnalah manfaat makanan. Dan perlu anda ketahui, bahwa kurma itu memiliki barokah dan kekhususan, demikian juga dengan air- memiliki efek yang positif terhadap hati dan mensucikannya, tiada yang mengetahuinya, kecuali orang-orang yang ittiba’ / mengikuti.

Dalam hadist lain, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah). Itulah menu berbuka puasa menurut ajaran Nabi Muhammad SAW, dan dari hadist diatas kita dapat mendapatkan pelajaran mengenai manfaat dari buah kurma.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter