Cara menghapus data recovery di Android - Info Kita

Terbaru

Cara menghapus data recovery di Android

Post a Comment
Advertisements
Android Infokita.us - Pernahkah anda mengalami data penting anda yang sudah di hapus bisa dikembalikan lagi dengan cara di recovery?. Sebenarnya recovery data sangat bermanfaat bagi pengguna Android, apalagi bila ada sesuatu hal yang mengharuskan data penting yang sudah dihapus bisa ditampilkan kembali. Akan tetapi hal ini juga bisa menjadi masalah apabila kita ingin menjual Smartphone android kita. Bukan tidak mungkin jika si pembeli bisa merecovery data-data penting di HP kita yang sudah kita hapus sebelumnya melalui Factory Reset.

Cara menghapus data recovery di android
Biasanya para pengguna Android melakukan recovery data yang mereka inginkan adalah dengan cara menggunakan aplikasi yang canggih seperti Cellebrite. Apapun data yang tersimpan pada smartphone dan memory card yang sudah dihapus dengan menggunakan factory reset sekalipun, masih bisa di-recovery menggunakan aplikasi canggih tersebut. Namun ada trik menarik yang mungkin bisa anda gunakan agar data yang sudah dihapus dengan menggunakan cara factory reset tidak dapat di recovery lagi menggunakan tools seperti Cellebrite. 

Dengan menggunakan trik ini, anda bisa lebih aman dalam menghapus data ketimbang hanya menggunakan factory reset yang masih menyisakan data untuk di-recovery. Triknya sangat sederhana, yaitu dengan melakukan enkripsi pada perangkat Anda guna mengenkripsi data pada smartphone. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama (beberapa jam) karena semua data akan dienkripsi satu per satu. Pastikan baterai pada Smartphone anda tidak kehabisan baterai ketika proses enkripsi sedang berlangsung, sebaiknya perangkat dicolok ke charger untuk memastikan tidak kehilangan daya selama proses enkripsi. Setelah proses enkripsi selesai, lakukan factory reset untuk mengembalikan perangkat ke setting awal. Jika Anda ingin memilih menggunakan aplikasi android yang ada di google play, beberapa aplikasi ini mungkin bisa membantu seperti Secure Deletion for Android, Secure Erase with iShredder 3 dan Secure Wipe. 

Sumber : inet.detik.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter