Android anda Sering Force Close? ini Penyebabnya - Info Kita

Terbaru

Android anda Sering Force Close? ini Penyebabnya

Post a Comment
Advertisements
Infokita.us - Mungkin anda pernah mengalami ketika sedang asik bermain game atau aplikasi lainya tiba-tiba muncul peringatan Force Close dan menutup aplikasi yang dipakai. Dan ketika di unistall kemudian di install kembali peringatan Force Close tetap muncul. Ada beberapa penyebab aplikasi Android anda tiba-tiba Force Close. Hal ini biasanya berhubungan dengan hardware device anda yang mungkin kurang compatible dengan Aplikasi yang anda Instal. Berikut adalah beberapa penyebabnya yang mungkin bisa anda deteksi di Device Android anda.
Penyebab sering force close
Penyebab sering force close

1. Sisa memori Ram yang terlalu kecil
Ada beberapa penyebab smartphone Android tiba-tiba muncul peringatan  force close, dan menutup aplikasi yang sedang dipakai. Penyebab pertama adalah masalah sisa memori RAM yang sudah terlalu kecil. Apalagi jika anda menginstal banyak aplikasi sedangkan  device anda hanya memiliki RAM 512, bisa jadi itu merupakan penyebabnya. Contohnya bila anda ingin menjalankan aplikasi A dibutuhkan RAM 80 MB, sedangkan sisa available RAM device android anda hanya 60MB, maka aplikasi akan force close dikarenakan sisa memori RAM anda tidak cukup untuk membuka aplikasi tersebut.

Kenapa memori RAM terpakai hampir setengahnya padahal tidak ada aplikasi yang dijalankan? hal ini terjadi karena memori RAM juga dipakai oleh sistem Androidnya sendiri, kemudian aplikasi-aplikasi utama seperti Gmail, UI smartphonenya, service pack, google search, keyboard input, dan lain-lainya. Beberapa aplikasi seperti chatting dan social media, juga biasanya akan otomatis jalan dengan sendirinya walaupun kita sudah menutupnya, bahkan bila kita menutupnya dengan bantuan aplikasi memory cleaner.

Jadi intinya, Jika semakin banyak aplikasi yang berjalan di memori RAM, maka sisa RAM akan semakin sedikit. Jadi kalau kita memiliki device Android dengan memori RAM yang sedikit, ada baiknya jumlah aplikasi yang terinstall juga di batasi agar tidak sering terjadi force close.
2. Tidak Cocok dengan kompabilitas versi Aplikasi
Yang dimaksud dengan tidak cocok dengan kompabilitas versi Aplikasi contohnya, Aplikasi A mungkin cocok dan bisa berjalan di versi Android Jelly Bean, tapi mungkin akan bermasalah jika aplikasi tersebut dijalankan di Android Ice Cream Sandwich, atau mungkin sebaliknya.

Jalan yang paling baik untuk menghindari masalah force close jika ingin menginstall aplikasi adalah dengan menginstal langsung dari Google PlayStore. Hindari pemasangan aplikasi yang langsung dari file APK yang mungkin bisa tidak compatible dengan Sistem Operasi android kita.

3. Kekurangan fasilitas hardware
Contohnya jika ada aplikasi yang mengharuskan/membutuhkan adanya kamera depan, tetapi smartphone kita tidak memilikinya, maka ketika aplikasi tersebut dijalankan akan terjadi force close karena tidak sesuai dengan parameter kebutuhan hardwarenya.

4. Aplikasi terinstal di memory card yang rusak
Seringkali kita memindahkan aplikasi yang terinstall di memori Internal ke memory card agar memori internal menjadi lega. Hal ini bisa menyebabkan aplikasi yang dijalankan force close apabila memory card kita rusak atau memory card kita sedang dilepas. Maka ketika aplikasi dijalankan, yang harusnya membaca file-file yang ada di folder di memory internal, aplikasi tersebut tidak dapat membaca file-file tersebut dan akhirnya akan melakukan force close.

Saran terbaiknya jika anda telah mengetahui beberapa penyebab android sering force close, sebaiknya belilah Device android yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang sering anda gunakan, agar aplikasi yang terinstal tidak sering terjadi force close.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter