Tugu dan Patung Yang Ada Di Lampung - Info Kita

Terbaru

Tugu dan Patung Yang Ada Di Lampung

Advertisements
Info terbaru - Tugu dan Patung yang ada di lampung. Kali ini infokita akan memberikan informasi mengenai tugu dan patung yang ada di lampung. Jika anda sering ke lampung atau berdomisili di lampung, mungkin tidak mengira jika lampung memiliki beberapa tugu dan patung yang menarik. Yuk kita simak ulasanya beberapa tugu dan patung yang ada di lampung.

Tugu Adipura Bandar Lampung

Tugu Adipura Bandar Lampung
Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika Bandar Lampung merupakan langganan pemenang Piala Adipura untuk tingkat kota besar. Oleh karena hal itu, maka dibangunlah sebuah tugu Adipura di salah satu simpang empat yang ramai di kota lampung.
Tugu ini dibuat dengan unsur tradisional yang berupa tatanan payung bersusun tiga khas Lampung dan juga unsur kekayaan fauna berupa gajah yang sedang bermain bola. Di sekitar tugu dihiasi dengan motif kain tapis berwarna coklat tua.

Tugu yang terletak di persimpangan Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Diponegoro memiliki bentuk bundar dengan hiasan air mancur yang asri dengan tinggi sekitar 30 meter hingga ke puncak payung. Di tengah-tengah tugu tertulis penghargaan Adipura dari Presiden Republik Indonesia untuk Kota Besar Terbersih yang tertulis tanggal 5 Juni 1995. Kota Bandar Lampung juga di beri gelar Kota Tapis Berseri karena dimana-mana dijumpai hiasan kain khas Lampung yaitu Tapis.


Menara Siger
Menara Siger
Menara Siger diresmikan pada tanggal 30 April 2008, peresmianya disertai dengan pelepasan merpati bersama  duta-duta besar Negara asing, seperti Kroatia, Sri Lanka, Jepang, Palestina, Afghanistan, Singapura dan Filipina. Persemian menara Siger juga dihadiri oleh keluarga Sultan Banten dan Sultan Kanoman Cirebon

Menara Siger yang memiliki 6 lantai ini merupakan sebuah menara yang djadikan titik Nol di Sumatra Selatan. Menara Siger dibangun di atas bukit sebelah barat Pelabuhan Bakauheni. Menara Siger dibangun mengawali pembangunan Jembatan Penghubung antara Bakauheni dan Merak ( Jembatan Selat Sunda ). Menara Siger dilengkapi dengan sarana informasi tentang peta wisata di seluruh kabupaten / kota Lampung.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P mengaku optimistis Menara Siger akan mendorong pendapatan daerah hingga 15%. Angka itu berdasarkan perkiraan jumlah kendaraan yang melewati Pelabuhan bakauheni yaitu 3.500 unit per hari dan 15 juta orang per tahun. Dengan perkiraan 15 % saja yang mampir ke Menara Siger, maka setiap tahun akan menghasilkan pendapatan Rp12,5 miliar.


Patung Raden Intan II
Patung Raden Intan II
Jika anda berkunjung ke pusat perbelanjaan Ramayana Tanjungkarang, anda akan melihat Patung Raden Intan II. Patung Raden Intan II dibangun untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).  Pembangunan patung ini menghabiskan dana sekitar Rp200 juta.

Menurut Fauzan Sibron Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandarlampung menuturkan bahwa pembangunan patung Raden Intan II menunjukkan sikap Wali Kota Bandarlampung Herman H.N. yang sangat menghargai jasa para pahlawan yang telah banyak berkorban untuk kemerdekaan Indonesia, khususnya Sang Bumi Ruwa Jurai.
Dengan berdirinya Patung Raden Intan II akan mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan, khususnya Raden Intan sebagai pahlawan nasional dari Lampung ini. Pemkot Bandarlampung juga telah mendirikan patung Zainal Abidin Pagaralam (ZAP) yang berlokasi di ruas jalan dengan nama serupa. ZAP merupakan mantan gubernur Lampung dan juga orang tua dari Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. telah banyak berjasa merintis pembangunan di daerah Lampung.

Tugu Tanggai
 
Tugu Tanggai
Tanggai dalam bahasa lampung artinya adalah Kuku. Walaupun tidak sepopuler tugu dan patung yang ada di lampung, Tugu Tanggai adalah Tugu yang merupakan icon Ibu Kota Kabupaten Lampung Tengah, Gunung Sugih. Hingga saat ini, saya belum berhasil menemukan sumber yang pasti mengenai sejarah nama Tanggai pada tugu ini. Tetapi, jika dilihat secara sekilas, di lihat dari bentuknya diperkirakan bahwa nama Tanggai diambil dari bentuknya yang memiliki bentuk jemari dan kuku-kuku.
Tugu Muli-Mekhanai
Tugu Muli-Mekhanai
Tugu ini berbentuk patung laki-laki dan perempuan, Nama Muli-Mekhanai diambil dari bahasa lampung, Muli itu berarti perempuan dan Mekhanai berarti laki-laki. Tugu ini berada di kawasan jalan Kartini. Jika anda jalan-jalan ke lampung, mungkin anda bisa berfoto-foto di Tugu Muli-Mekhanai.

Demikian Tugu dan patung yang ada di Lampung. Jika anda berkunjung ke Lampung, mungkin beberapa Tugu dan Patung yang unik tadi bisa menjadi objek foto kenang-kenangan anda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter