Ini Pentingnya Peregangan Saat Mudik - Info Kita

Terbaru

Ini Pentingnya Peregangan Saat Mudik

Advertisements
Info Tebaru - Menjelang beberapa hari sebelum lebaran, banyak masyarakat yang mulai mudik untuk menemui sanak saudara. Mudik di musim lebaran seperti ini pasti akan banyak menguras energi dan juga badan akan terasa sangat lelah. Apalagi jalanan yang pasti macet akan membuat badan terasa pegal. Oleh karena itu, peregangan disaat mudik sangat dianjurkan ketika menggunakan kendaraan pribadi.

Tidak hanya sopir saja yang perlu melakukan peregangan, tetapi penumpangnya juga. Lakukanlah peregangan setiap ada kesempatan berhenti, misalnya ketika berhenti di rest area atau pom bensin dan saat istirahat untuk makan ataupun ketika berhenti saat terjebak macet. Jika anda tidak melakukan peregangan, aliran darah bisa terhambat, dan bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak bagi sebagian orang. Dan tentunya juga bisa mengganggu konsentrasi berkendara.

Kaki bengkak biasanya terjadi pada orang yang memiliki penyakit varises, karena duduk terlalu lama maka posisi kakinya tertekuk yang menyebabkan pembuluh darah menjadi menekuk. Dan akibatnya darah tidak tersuplai ke jantung dan organ lain termasuk kaki, sehingga kaki bisa menjadi bengkak.
Tips Mudik


Menurut Dr. Michael Triangto, SpKO yang berpraktek di RS Mitra Kemayoran ini. Ada beerapa tips peregangan disaat mudik agar badan lebih fit dan segar. Diantaranya sebagai berikut :
 
  1. Untuk mengurangi tegang di bagian leher, kepala dan punggung, Anda bisa melakukan pergangan seperti senam yang sering dilakukan. Anda cukup memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan lalu menggerakkan kepala ke bawah, ke atas, lalu menengok ke kiri dan kanan dan dilanjutkan dengan memutar kepala. Lakukan hal ini beberapa kali setiap anda istirahat.
  2. Untuk peregangan pinggang bisa anda lakukan dengan memiringkan tubuh ke kiri dan kanan, atau putar tubuh ke kiri dan kanan. Sedangkan untuk peregangan pada pinggang dan juga punggung, bisa dilakukan dengan cara dada dibusungkan, lalu tarik siku sebelah kanan dengan tangan kiri, kemudian lakukan dengan sebaliknya. Cara ini bertujuan agar otot dada bisa meregang dan sensasinya menjadi lebih lega.
  3. Untuk peregangan bagian paha dan tungkai, anda bisa lakukan dengan menekuk lutut dan tarik ke arah perut atau tarik paha kanan ke arah kiri. Jangan lupa tungkai juga diputar dan telapak kaki diangkat, diputar, lalu dimiringkan.
Demikian info terbaru mudik khususnya cara peregangan saat mudik agar anda tetap fit saat mudik dan selamat sampai kampung halaman anda.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter