Agar tidak ngantuk saat berpuasa - Info Kita

Terbaru

Agar tidak ngantuk saat berpuasa

Advertisements
Info Terbaru - Agar tidak ngantuk saat berpuasa. Apabila anda seorang karyawan, mungkin rasa kantuk di jam-jam kerja sering terjadi di saat bulan puasa. Hal ini bisa sangat mengganggu apalagi  bila kerjaan sedang menumpuk. Walaupun tidurnya orang yang sedang berpuasa itu berpahala, tetapi bila sedang bekerja rasa kantuk bisa bikin repot pekerjaan kita.

Mungkin jika di bulan-bulan biasa, rasa kantuk bisa disiasati dengan meminum kopi ataupun memakan makanan ringan agar mata kita tetap melek. Bagaimana agar tidak ngantuk saat berpuasa? mari kita simak beberapa caranya :

Membatasi Kalori saat sahur
Memakan makanan yang berlebih disaat sahur, malah akan membuat kita lebih cepat mengantuk. Saat sahur sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak kalorinya. Lebih baik sedikit, tetapi memiliki kandungan gizi yang lengkap. Jika bisa, karbohidrat murni seperti nasi dan minuman manis dikurangi saat sahur. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi kurma sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad S.A.W.

Agar tidak ngantuk saat berpuasa
Banyakin minum air putih
Meminum air putih dapat membuat tubuh terasa segar, minumlah air putih sekurang-kurangnya 8 gelas per hari. Kurangnya cairan di otak dapat menimbulkan rasa kantuk dan juga menurunkan tingkat konsentrasi anda. Meminum air putih diminum dari berbuka hingga sahur secara bertahap agar tercukupi 8 gelas sehari.

Istirahat yang cukup
Disaat bulan puasa biasanya kita kekurangan waktu untuk istirahat karena banyaknya kegiatan jasmani maupun kegiatan rohani kita. Untuk mensiasatinya anda bisa menggunakan waktu istirahat siang anda untuk tidur sejenak setelah sholat dzuhur, selain mengurangi kantuk, tidur siang juga menyehatkan.

Selain cara-cara diatas, mungkin anda juga bisa dengan mendengarkan Al-Quran atau dengan mencuci muka agar badan terasa segar. Demikian beberapa tips agar tidak ngantuk saat berpuasa. semoga bisa bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter