Pengertian Resensi buku dan contohnya - Info Kita

Terbaru

Pengertian Resensi buku dan contohnya

Advertisements
Banyak orang yang bertanya atau belum paham mengenai pengertian resensi buku dan contohnya. Resensi buku adalah ulasan atau pertimbangan mengenai suatu buku karya seorang penulis. Jika dijelaskan secara umum, pengertian resensi buku adalah untuk memberi tahu kepada pembaca mengenai buku-buku yang baru terbit dan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Jika ingin membuat sebuah resensi buku, kita harus memberikan penilaian terhadap kualitas buku yang ditinjau dari berbagai segi. Penilaian yang dilakukan berdasarkan pada argumentasi dan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan dan tidak asal-asalan dalam melakukan penilaian.

Di internet ada banyak yang membahas mengenai Pengertian Resensi buku dan contohnya. ada beberapa contoh resensi buku seperti resensi buku fiksi, resensi buku non fiksi, resensi cerpen, resensi buku novel dan beberapa lagi yang lainya. Dalam membuat resensi buku, ada beberapa yang harus diperhatikan yaitu, indentitas buku, bagian fisik buku, bagian isi buku, bahasa, dan organisasi. Hal-hal dalam pembuatan resensi buku nanti akan di bahas pada artikel ini.
Pengertian resensi buku dan contohnya
Pengertian resensi buku dan contohnya

Pengertian Resensi Buku Menurut Pendapat Alhi

Berikut ini adalah pengertin resensi menurut pendapat para ahli yang diambil dari beberapa sumber di internet :

1. WJS. Poerwadarminta (dalam Romli, 2003:75), beliau menjelaskan bahwa resensi secara bahasa sebagai pertimbangan atau perbincangan tentang sebuah buku yang menilai kelebihan atau kekurangan buku tersebut, menarik-tidaknya tema dan isi buku, kritikan, dan memberi dorongan kepada halayak tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli.

2. Menurut Panuti Sudjiman (1984), resensi merupakan hasil pembahasan dan penilaian yang pendek tentang suatu karya tulis. Konteks ini memberi arti penilaian, mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku.

3. Menurut Saryono (1997:56), beliau mengemukakan resensi sebagai sebuah tulisan berupa esay dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya, benar-salahnya, argumentatif-tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau foto copi sampul buku.

Tujuan Pembuatan Resensi Resensi Buku
Tujuan dari pembuatan resensi buku ini dimaksudkan untuk hal-hal sebagai berikut :
  1. Membantu pembaca agar lebih mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas. 
  2. Mengetahui lebih rinci mengenai kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi. 
  3. Mengetahui secara jelas latar belakang dan mengapa buku tersebut diterbitkan. 
  4. Untuk Menguji kualitas buku dengan membandingkan karya dari penulis yang sama maupun dengan penulis lainnya. 
  5. Untuk memberikan masukan kepada penulis buku,seperti kritik dan saran mengenai cara penulisan, isi, dan substansi buku.

Unsur-unsur Pembuatan Resensi Buku
Unsur-unsur dalam membuat resensi buku harus ada dalam pembuatan resensi buku agar resensi buku menjadi berkualitas. Berikut ini adalah beberapa unsur yang harus ada dalam pembuatan resensi buku :

a. Mengenai identitas buku. 
Identitas buku meliputi hal-hal berikut:
  • Judul buku
  • Tebal buku
  • Pengarang atau penulis
  • Ukuran buku
  •  Penerbit
  • Jenis kertas buku
  • Kota terbit
  • Nomor ISSBN
  • Tahun terbit.

b. Bagian fisik buku
Bagian fisik buku yang perlu ditulis pada resensi buku ada beberapa hal yaitu : judul, penulis atau editor, penerjemah (jika buku terjemahan), penerbit, tebal buku (bagian awal dan bagian inti). Bagian ini dikemukakan pada bagian awal.

c. Bagian isi buku.
Ulasan bagian isi buku mencakup hal-hal berikut:
  • Tujuan penulisan buku. Tujuan penulisan buku terletak pada kata pengantar atau bagian pendahuluan buku.
  • Isi umum. Isi umum buku terletak pada daftar isi dan pendahuluan
  • Penilaian kualitas isi. Dasar penilaian biasanya menggunakan kriteria kekurangan dan kelebihan. Kualitas isi buku juga disampaikan dengan membandingkannya dengan buku yang lain, baik yang ditulis oleh pengarang yang sama maupun oleh pengarang yang lain.
d. Bahasa
Unsur bahasa yang diulas mencakup kelancaran bahasa, kata-kata yang digunakan, kalimat yang digunakan, gaya penyajian, dan keluwesan pemakaiannya.

e. Organisasi
Organisasi buku berkaitan dengan cara-cara pengaturan isi buku. Organisasi dapat diulas dari segi kepaduan, urutan, kerunutan, kelogisan, dan kesistematisan.
Pengertian resensi buku
Pengertian resensi buku
Tips Menulis Resensi Buku yang baik dan berkualitas
Hal-hal berikut ini adalah tips dalam menulis resensi buku yang baik dan berkualitas : 
  1. Carilah buku baru nonfiksi yang akan dibuat resensi bukunya di Toko Buku atau Internet.
  2. Catatlah hal-hal penting identitas buku yang akan diresensi, hal-hal tersebut seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas dan harga buku. 
  3. Tulis dan pahami dengan benar mengenai tujuan dan latar belakang penulisan buku. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Kemudian buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan. 
  4. Carilah kelebihan dan kekurangan dari isi buku yang akan dibuat resensi bukunya.
  5. Tulislah ringkasan materi dari buku tersebut secara jelas dan sistematis.
  6. Terakhir berikan saran dan kesimpulan,buku tersebut layak untuk dibaca atau tidak.
Demikian pengertian resensi buku dan contohnya, dan juga mengenai unsur-unsur resensi buku, tujuan resensi buku dan juga tips membuat resensi buku. Artikel ini mempunyai alamat di  URL http://www.infokita.us/2014/09/pengertian-resensi-buku-dan-contohnya.html. Untuk contoh resensi buku akan kami tulis pada update artikel ini atau pada artikel berikutnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang mencari cara membuat resensi buku yang baik dan berkualitas dan juga mengenai pengertian resensi buku.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter