Kumpulan Cerita fabel pendek - Info Kita

Terbaru

Kumpulan Cerita fabel pendek

Advertisements
Saat ini sedang banyak sekali anak-anak yang diberikan tugas untuk membuat ceita fabel. Setelah kemarin infokita.us memberikan beberapa contoh kumpulan cerita fabel dari berbagai bahasa. Sekarang infokita.us akan memberikan beberapa contoh kumpulan cerita fabel pendek. Cerita fabel pendek ini sama dengan cerita fabel lainya, hanya saja ceritanya cukup singkat tetapi tetap berisi nasihat-nasihat yang baik untuk anak-anak.

Beberapa Contoh kumpulan cerita fabel pendek

Cerita Tentang Dua Ekor Kambing yang Sombong
Pada suatu hari yang panas di suatu pegunungan yang curam, ada dua ekor kambing yang sombong sedang berjalan dari dua arah yang berlawanan, satu kambing dari utara, yang satu lagi dari selatan. Kebetulan kedua kambing tersebut tiba bersamaan di tepi jurang yang dibawahnya mengalir air sungai yang sangat deras. Tidak ada jembatan distu, yang ada hanya ada sebuah pohon yang jatuh dan sangat kecil yang bisa dijadikan jembatan untuk menyebrangi jurang tersebut. Pohon yang dijadikan jembatan tersebut tidak dapat dilalui secara bersamaan oleh dua ekor tupai dengan selamat, apalagi jika dilalui oleh dua ekor kambing.

Hewan-hewan yang ingin menyebrang tidak ada yang berani melewati jembatan pohon tersebut. Tetapi kedua kambing yang sombong tersebut dengan kesombonganya tetap menyebrangi jembatan tersebut. Kedua kambing tersebut tidak mau saling mengalah. Kambing yang pertama menapakkan kakinya ke jembatan itu, kambing yang satunya lagi pun tidak mau mengalah dan juga menapakkan kakinya ke jembatan tersebut.

Akhirnya kedua kambing tersebut bertemu di tengah-tengah jembatan. Keduanya tetap sombong dan tidak mau mengalah. Akhirnya kedua kambing tersebut saling mendorong menggunakan tanduk mereka dan akhirnya kedua kambing tersebut jatuh ke dalam jurang dan hilang di arus air yang deras

Dari cerita fabel pendek tersebut dapat disimpulan bahwa, lebih baik mengalah untuk kebaikan bersama daripada harus saling keras kepala yang mengakibatkan kerugian bagi semua.

Cerita fabel pendek selanjutnya mengenai seekor anjing yang bodoh dan sangat serakah. Bagaimana ceritanya, langsung saja kita simak ceritanya.

Cerita Tentang Anjing Bodoh dan Bayanganya
Pada suatu hari, ada seekor anjing yang sedang kelaparan dberi tulang oleh seseorang yang baik hatinya. Anjing tersebut berlari dengan sangat cepat menuju rumahnya karena saking senangnya. Ketika di perjalanan, anjing tersebut melewati jembatan yang sangat kecil yang berisi air yang jernih. Anjing tersebut berhenti dan melihat ke bawah jembatan. Anjing tersebut melihat bayanganya sendiri di air yang sedang mengalir. Karena pantulan bayangannya sendiri, Anjing tersebut mengira melihat seekor anjing lain yang sedang membawa sebuah tulang yang lebih besar dari miliknya.
Munculah sifat serakah pada diri si anjing yang ingin mempunyai tulang yang lebih besar. Anjing tersebut akhirnya meletakan tulang yang tadi dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing tersebut tercebur dan harus susah payah berenang menuju ke tepi sungai. Ketika sampai di tepi sungai, tulang yang dibawanya sudah hilang dan dia sangat menyesal atas kejadian yang dilakukanya.

Dari cerita fabel tersebut dapat disimpulkan bahwa, kita harus banyak bersukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan dan kita tidak boleh serakah di kehidupan dunia ini agar mendapatkan keberkahan hidup.

Cerita Fabel Tentang Burung Perkutut dan Kendi Tua
Pada suatu hari di musim kemarau, burung-burung dan hewan-hewan lain sangat sulit untuk mendapatkan air. Namun ada seekor burung perkutut yang menemukan kendi tua yang berisi sedikit air. Kendi tersebut memiliki bentuk yang tinggi dan juga sempit, sehingga burung tersebut tidak bisa menjangkau air di dalam kendi tersebut. Burung perkutut tersebut tetap mencoba untuk meminum air yang ada di dalam kendi, tetapi tetap saja tidak bisa. Burung itu hampir putus asa hingga munculah sebuah ide.


Burung tersebut kemudian mengambil kerikil-kerikil yang ada di samping kendi dan menjatuhkannya ke dalam kendi satu persatu. Ide yang cemerlang itu membuat air lama kelamaan naik sehingga burung perkutut bisa meminum air tersebut.

Nasihat yang dapat diambil dari cerita fabel tersebut adalah ilmu walaupun sedikit akan tetap bermanfaat disaat kita membutuhkanya. Demikian beberapa kumpulan cerita fabel pendek yang bisa infokita.us berikan. Jika anda sedang mencari cerita fabel lainya, bisa anda lihat di artikel kumpulan cerita fabel terbaru. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter