Arti Bintik Putih Pada Kuku - Info Kita

Terbaru

Arti Bintik Putih Pada Kuku

Advertisements
Info Kita - Apakah anda pernah mempunyai bintik putih atau garis putih pada kuku anda? Beberapa orang mengartikan bintik atau garis putih di kuku sebagai tanda ada orang yang naksir atau justru benci dengan dirinya. Namun secara ilmiah bintik putih, yang dikenal dengan leukonikia, umumnya berasal dari trauma yang tidak berbahaya pada matriks, kumpulan sel di bawah lapisan kutikula yang berfungsi membentuk lapisan kuku. 

Penyebabnya bisa bermacam, bisa karena hal kecil yang mungkin tidak pernah Anda sadari, seperti terbentur meja tanpa sengaja. "Jangan khawatir, hal ini wajar terjadi pada mereka yang aktif," kata Rochelle Torgerson, M.D., Ph.D., pakar dermatologi di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, AS. 

Namun, kekurangan kalsium dan zinc juga ada kemungkinan memicu timbulnya bintik-bintik putih pada kuku yang biasanya dibarengi dengan gejala lain, seperti rambut kering dan rapuh. Terkadang, bintik tersebut juga menunjukkan reaksi alergi terhadap produk yang digunakan pada kuku, seperti cat kuku, pengeras kuku atau polish remover.

Dalam kasus ekstrem, bintik-bintik putih pada kuku bisa menjadi kondisi serius. Beberapa penyakit menular, seperti malaria dan herpes memicu timbulnya bintik-bintik putih di kuku. 


Tanda putih ini bisa terjadi di satu atau beberapa kuku sekaligus. Kemungkinan lain dari penyebab kondisi ini adalah tanda dari adanya infeksi ringan, alergi atau efek samping dari beberapa obat tertentu.

Jika hampir semua kuku menunjukkan ada titik atau garis putih, maka kemungkinan leukonychia ini berhubungan dengan kondisi lain yang lebih serius seperti anemia (kekurangan sel darah merah). Jika memang mengkhawatirkan tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

Nah itulah tadi Arti Bintik Putih Pada Kuku yang bisa admin bagikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat bagi sobat info kita semua dan jangan lupa kunjungi id-infokita.blogspot.com untuk mengetahui Tips-tips Menarik lainnya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter