Cara membuat resensi buku yang baik dan benar - Info Kita

Terbaru

Cara membuat resensi buku yang baik dan benar

Advertisements
Untuk membuat resensi buku merupakan hal yang susah-susah gampang, semua itu tergantung dari kedisiplinan masing-masing individu untuk rajin membaca dan memahami buku yang akan di buat resensinya. Cara membuat resensi buku yang baik dan benar tidak semua orang bisa melakukanya, karena tidak semua orang terlahir dengan keahlian menulis. Akan tetapi dengan niat dan kemauan yang tinggi dan juga kedisiplinan untuk rajin berlatih mencoba membuat resensi buku, tidaklah mungkin seseorang yang tanpa keahlian menulis pun bisa menjadi ahli dalam membuat resensi buku.

Dalam membuat resensi buku yang baik dan benar, kita dituntut untuk memahami secara mendalam isi kandungan buku tersebut. Oleh karena itu, membutuhkan konsentrasi dalam membaca dan memahami isi buku tersebut. Ada beberapa tips yang akan kami berikan agar resensi buku yang anda buat bisa berkualitas dan si pembaca resensi buku dapat memahami secara jelas kesimpulan atau ringkasan dari buku tersebut. Untuk mempermudah cara membuat resensi buku yang baik dan benar, mungkin anda bisa melihat terlebih dahulu artikel contoh resensi buku pengetahuan dan juga memahami pengertian dari resensi buku.
cara-membuat-resensi-buku-baik-dan-benar
cara membuat resensi buku yang baik dan benar

Cara membuat resensi buku yang baik dan benar
Untuk membuat resensi buku yang berkualitas, ada tujuh tips yang mungkin bisa membantu anda. Berikut adalah tujuh tips membuat resensi buku yang baik dan benar.
1. Biasakan dengan satu genre/jenis buku. 
Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk membuat resensi buku yang anda kurang memiliki pengetahuan dengan genre/jenis buku tersebut. Membiasakan diri dengan salah satu genre/jenis buku, akan dapat membantu anda menulis resensi buku dengan mudah dan juga dapat menyiratkan wibawa dibenak pembaca serta dalam pandangan pembuat buku yang Anda review. 

2. Membaca buku sambil membawa notes/catatan 
Dengan membawa notes/catatan kemanapun anda pergi akan mempermudah anda jika ingin menulis ringkasan buku yang sedang anda baca. Anda bisa menyelipkan kertas dalam buku yang Anda baca, maupun buku notes yang khusus untuk membuat resensi buku. Jelaskan buku yang anda baca secara singkat. Deskripsikan subjeknya, ruang lingkup, dan pernyataan penting dari sang penulis buku. Deskripsi lengkap tidak diperlukan, karena pembaca hanya menginginkan gambaran umum dari buku yang Anda baca.

3. Berikan pendapat kritis
Anda bisa memberikan pendapat kritis dari buku yang anda baca, tetapi harus didukung dengan contoh-contoh yang sesuai dengan pengetahuan anda atau dengan fakta lain yang telah diteliti. Terangkan apa kekuatan utama dari buku tersebut dan kelemahan yang mesti diketahui oleh pembaca.

4. Gunakan kutipan pendek
Dengan menggunakan kutipan pendek, anda dapat membantu pembaca memberikan kepercayaan dengan buku yang anda resensi. Jika Anda memilih untuk membaca kritikus lain yang telah membuat resensi tentang buku yang sama, pergunakan pendapat anda sendiri untuk menghindari kesan telah dipengaruhi oleh orang lain. 

5. Mulailah dengan pendahuluan
Membuat resensi buku yang bagus dan berkualitas akan menarik jika diawali dengan pendahuluan yang menyajikan pendapat anda tentang buku tersebut. Membuat sebuah cerita yang penting dan menarik pada paragraph awal, akan membuat pembaca melanjutkan ulasan buku yang anda resensikan. Tidak perlu terlalu panjang, cukup dengan pendahuluan yang singkat.

6. Tulislah Bagian Utama Buku 
Bagian utama dari resensi buku harus memberikan ringkasan isi yang singkat agar merangsang pembaca memahami pokok utama bahasan dari buku tersebut. Anda dapat mempergunakan pendapat anda atau kutipan dari buku yang relevan. Bertanyalah pada diri sendiri, beberapa pertanyaan akan membantu Anda menghasilkan beberapa pertanyaan seperti: 
Apa ide utama dari buku ini?
Apakah tujuan penulis dengan buku tersebut?
Apakah informasi dalam literatur disajikan dengan cara baru dan memuaskan?
Apakah penulis membuat informasi yang memadai?
Apakah Anda merekomendasikan atau tidak merekomendasikan buku tersebut untuk dibaca? 

7. Buatlah kesimpulan
Kesimpulan merupakan bagian terakhir dari resensi buku. Kesimpulan dari sebuah resensi buku harus merujuk kembali ke bagian pendahuluan. Pendapat-pendapat yang sama harus diperkuat dengan contoh-contoh singkat. Kesimpulan adalah ringkasan dari semua alasan yang mendukung posisi anda sebagai pembuat resensi buku. 

Demikian beberapa tips bagaimana cara membuat resensi buku yang baik dan benar. Tips ini kami ambil dan kami sempurnakan dari sumber yang ada dari google.co.id. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang senang membuat resensi buku. Bukan tidak mungkin jika suau saat keahlian menulis anda bisa menjadi seuah profesi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter